Sabtu, 23 Mei 2015

Hubungan Tidur dengan Kecerdasan Anak

Hubungan Tidur dan Kecerdasan Anak

Sering enggak ketika ada anak tidur mendengar kata-kata "Eh jangan dibangunkan... kasian... nanti pengaruh sama kecerdasannya lho" Saya pernah, asalnya sih heran saja apa hubungannya tidur dengan kecerdasan anak.  Etapi ternyata ada benarnya lho.. Benar? Iya, ternyata benar.  Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir di London tahun 1998 mengungkapka bayi yang banyak tidur perkembangan otaknya optimal.  Hal ini bisa kita pahami karena 75% hormon pertumbuhan diproduksi saat anak tidur.  Hingga tidur adalah salah satu stimulus untuk proses tumbuh kembang otaknya.



Hormon pertumbuhan yang diproduksi saat anak tidur bertugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan. Hormon ini juga memungkinkan tubuh memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel dalam tubuh, dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak. Proses ini akan berlangsung cepat apabila bayi tertidur dengan lelap.

Nah tidur terlelap itu lah yang dibutuhkan semua orang.  Setiap manusia tak terkecuali anak proses tidurnya harus memenuhi 5 tahapan tidur.  Kalau tidak berarti mengalami gangguan tidur.

Tahap 1

Tahap saat persiapan tidur, badan kita terbaring dengan relaks, tonus otot mulai menurun tetapi mata masih terbuka.  Di dalam otak, gelombang listrik memperlihatkan gelombanga alfa dengan voltase yang menurun.

Tahap 2

Mata mulai berhenti bergerak, tapi tonus otot masih terpelihara.  Tahap ini anak/kita masih mudah terbangun dengan suara-suara yang berisik.  Gelombang berfrekuensi 14-18 siklus perdetik (gelombang tidur/Sleep Spindle)

Tahap 3
Tonus otot telah lenyap sama sekali. Kalau diukur dgn EEG akan memperlihatkan gelombang delta 20-50 persen. Kita/anak tertidur pulas serta relaks.

Tahap 4
Tahap tertidur nyenyak tanpa mimpi dan sulit dibangunkan

Tahap 5
Masih sulit dibangunkan karena tertidur dengan nyenyak tetapi ada aktivitas.
Bola mata mulai bergerak cepat, detak jantung dan napas bertambah cepat, tekanan darah naik, anggota badan tegang kembali serta otot-otot anggota bergerak.

Dari kelima tahapan itu yang terpenting untuk pertumbuhan anak adalah tahapan ketga dan keempat sementara tahap kelima untuk kecerdasan anak.  Kita bisa mendeteksi apakah kelima tahapan ini terpenuhi ketika si anak terbangun.  Kalau anak kita ceria bisa dipastikan kelima tahapan terpenuhi, walaupun tidurnya larut malam. Sebaliknya kalau rewel berarti ada tahapan yang terlewati, dan itu berarti si anak mengalami gangguan tidur.

Begitulah ternyata ayah bunda, jadi ternyata terdapat pengaruh yang besar antara tidur dengan pertumbuhan dan kecerdasan. Sehingga ada baiknya kita memperhatikan pola tidur anak kita dengan lebih seksama.  Terlebih kalau anak kita menjadi rewel.

Sumber: Nakita dan berbagai sumber

14 komentar:

  1. hihi itu gaya tidurnya pada lucu bangeeet...tidur cukup ternyata penting biar anak cerdas ya mba...tfs...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... itu foto jadul, abis main kecapean tumbang deh :D
      Ya Mak tidur cukup dan berkualitas

      Hapus
  2. Cara mengatasi gangguan tidur pada anak gimana Mbak? Anak saya udah diusahakan semaksimal mungkin dari mulai suasana nyaman, tenang, gak ada berisik, sampe saya elus-elus punggungnya tapi senengnya main terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang ada anak seperti itiu, kalau sesekali ga masalah asal tidurnya berkuaitas tapi kalau keseringan bikin pusing dan bisa mengganggu perkembanan juga ya Mak....Kalau menurut buku sih ya... Perhatikan suasana kamar, jangan gelap tapi cukup temaram saja, perutnya juga harus kenyang tapi makanannya jgn yg mengandung cafein spt kopi atau coklat karena malah jd ga ngantuk, bisa jg beraktifitas yang membuat dia lelah dan pingin tidur.. apalagi ya Mak.... hihi...

      Hapus
  3. asik menambah ilmu baru makasih mak sharingnya ;)

    BalasHapus
  4. Kalo aku, pas anak mau tidur antara tahap 1 dan 2 sering aku hipnosis dengan kata-kata positive mak....
    Kayak kemarin, mau ngelatih Rara supaya lepas diapers....hanya beberapa kali berhasil lho mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini keren Mak... bisa buat jawaban anak yg susah tidurnya Mak Virgorini hihi..

      Hapus
  5. Oooowh, jadi kalo bangun tidur rewel ada tahapan yg nggak terpenuhi.
    Thanks for sharing, Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mk..terganggu tidurnya... misalnya gak sampai tuntas lelap... kan jadi pusing, uring2an bin rewel deh ...

      Hapus
  6. waktu anak-anak memang aku sudah biasakan tidur cukup,, walau belum ngantuk tetap saya ajak tidur, lama2 jadi kebiasaan jam segitu ngantuk.

    BalasHapus
  7. wah tahapan tidur yang paling penting bagi kecerdasan anak itu tahapan 3 dan 4 ya mbak,hehe terimakasih infonya :))

    BalasHapus
  8. sangat membantu infonya
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-stroke/

    BalasHapus
  9. Itu bobonya peweeee semuaaa xD
    Iya mak...kasian kalau bobonya nggak cukup, anak pasti cranky --"

    BalasHapus