Senin, 04 Mei 2015

Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

Mengapa mengetahui minat dan bakat anak sejak dini penting sekali ayah dan bunda?

Semua orang di dunia ini pasti menginginkan menjadi orang yang sukses tapi hanya sedikit yang berhasil menjadi orang yang sukses. Mengapa demikian?  Karena hanya segelintir orang yang tau kunci kesuksesan hidup.  Kesuksesan tidak datang begitu saja, karena kesuksesan adalah sebuah proses yang panjang.  Dibutuhkan masa pencarian, masa persiapan dan masa pengejaran dalam meraihnya.

Masa pencarian adalah masa mengumpulkan pengetahuan dan keterampilan. Masa pencarian dimulai saat kita memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kita.  Sedangkan masa pengejaran adalalah saat kita bekerja, berbisnis, berusaha untuk mencapai kesuksesan hidup.

Tahukah, sebuah survei membuktikan bahwa lebih dari 80%  pekerja di Amerika Serikat tidak menyukai bidang pekerjaannya? Bisa kita bayangkan bekerja tanpa rasa suka hanya akan menghasilkan pribadi yang dismotivasi dan kemungkinan berakhir dengan stress.  Survei itu membuktikan pula berarti hanya sedikit orang yang bekerja sesuai dengan passionnya.  Bayangkan bekerja dan berusaha sesuai dengan minat dan mungkin bakat kita, kita akan bekerja dengan hati senang penuh motivasi.


Di sinilah pentingnya kita mengetahui minat dan bakat anak sejak dini, dan di sinilah peran besar orang tua untuk dapat menemukannya.  Lalu langkah apa saja yang harus kita ketahui agar dapat memenukan minat dan bakat?

1. Beri Anak Kita Perhatian
Dengan memberikan perhatian kita akan mengetahui jenis kecerdasan anak.  Seperti kita ketahui bahwa Howard Gardner seorang psikolog yang menemukan teori kecerdasan majemuk (Multiple Intellegence) mengatakan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing, tugas kitalah orang tuanya untuk menemukan mutiara terpendam itu.  Perhatikan termasuk pada kecerdasan manakah anak kita, logika, verbal (linguistik), musik, visual spasial (menggambar, kemampuan membayangka sesuatu dalam tiga dimensi), kinestetik (gerakan, motorik kasar, menari, mengikuti irama),interpersonal (memahami orang lain), intrapersonal (keyakinan kuat mengenai dirinya),natural (menyukai alam).

2.  Mengikuti Lomba dan Latihan
Menemukan minat dan bakat bukanlah hal yang mudah, sering-seringlah mengikuti lomba dan latihan agar kemampuan anak semakin terasah.  Semakin sering berlatih dan mengikuti lomba akan semakin terlihat jelas bakat anak kita.

3. Libatkan Hobi
Ini yang penting, kita sebagai orang tua dilarang egois, biarkan anak kita memilih kegiatan, les atau lomba sesuai keinginan atau minatnya.  Dengan demikian anak akan menjalaninya dengan rasa suka dan penuh motivasi.  Di sinilah bisa terlihat minat anak kita.

4.  Komitmen dan Konsisten
Menemukan minat dan bakat bukanlah hal yang mudah, memerlukan proses yang cukup panjang. Komitmen dan konsisten diperlukan dalam prosesnya. Anak maupun orang tua dituntut untuk disiplin, ulet, rajin dan tidak bosan dalam menjalaninya.

6 komentar:

  1. kalo minatnya banyak gimana ya?

    Mampir juga di sini:
    Mampir juga ya di mari: http://www.bennyrhamdani.com/2015/05/mister-aladin-teman-travel-terbaikmu.html

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya, ortunya hrus kreatif ya kalo gabisa mengikutkan anak ke berbagai latihan yg butuh biaya besar

    BalasHapus
  3. Itulah kenapa orangtua juga harus bijak mengarahkan (bukan memilihkan) kegiatan yang menjadi minat dan bakat anak.

    BalasHapus
  4. mantap maakk.. sebagai orang tua memang harus jeli melihat bakat anak, sehingga anak bisa berkembang baik sesuai kemampuannya.tfs y maak

    BalasHapus
  5. setuju mak, setelah baca buku ayah edy yang berjudul memetakan potensi anak sejak dini sy jd ngerti mak penting banget mengetahui dan mengarahkan anak sejak dini

    BalasHapus
  6. Tiap anak memang beda. Anakku dua2nya minta alat musik, kami belikan. Minta les, saya antar. Hasilnya, si kakak mandeg, adiknya jalan terus. Kami nggak merasa rugi, tugas orangtua memang membantu anak2 menemukan bakatnya. :)

    BalasHapus